Rabu, 07 Desember 2011

Buku "Studi Sastra Lisan"

Sebuah buku karangan Yoseph Yapi Taum yang di launching sejak 1 September 2011.
  • Judul : Studi Sastra Lisan : Sejarah, Teori, Metode, dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya
  • Penulis : Yoseph Yapi Taum
  • Penerbit : Lamalera, 2011
  • Tebal : xv + 402 halaman
  • ISBN : 979-979-25-4832-4
Kesadaran untuk memahami sastra dan kebudayaan lisan secara akademis merupakan hasil perkembangan yang relatif baru, termasuk juga di dunia Barat. Ilmuwan abad ke-19, misalnya, memandang teks lisan sebagai tulisan yang tidak tertulis (unwritten writing) yang kemudian ditulis, dan pada akhirnya mencapai bentuk ‘standar’ yakni prosa atau puisi tulisan yang gramatik. Pandangan semacam itu sudah ditinggalkan. 
Kini studi sastra lisan merupakan sebuah bidang kajian akademis yang sudah memasuki arus utama ilmu sastra, termasuk ilmu sastra di Indonesia. Sayangnya kemajuan yang pesat itu tidak diikuti dengan penerbitan buku-buku penunjang yang memadai. Buku ini secara komprehensif mengulas dan menghadirkan berbagai persoalan historis, teoretis, akademis, serta aplikatif dalam bidang studi sastra lisan.

    Seni sastra tidak bisa dilepaskan dari budaya. Oleh karena itu, studi sastra lisan merupakan bagian dari studi kebudayaan.

2 komentar:

  1. Informasi dan postingan yang bagus. Semoga semakin dikenal luas dan berguna bagi bangsa Indonesia yang sudah melupakan sastra lisannya.

    BalasHapus
  2. mas. beli buku ini dmna ya?? mohon infonya. trims

    BalasHapus